Tesis

Kadar Lemak dalam ASI dan Pola Menyusui, serta Korelasinya dengan Pertumbuhan Bayi Usia 1 Bulan di RSIA Budi Kemuliaan = Breastmilk Lipid and Breastfeeding Patterns, a Correlation with Growth of One Month Old Infants at RSIA Budi Kemuliaan.

Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber energi utama yang mencukupi untuk bayi sampai usia 6 bulan. Berbagai kendala dapat timbul dalam upaya memberikan ASI eksklusif, salah satunya adalah ibu merasa ASI tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi sehingga pertumbuhan bayi tidak optimal. Setiap ibu harus mengetahui pola menyusui bayi ASI secara optimal untuk mendukung keputusan menyusui dan menghindari pemberian asupan yang tidak sesuai. Energi ASI sebanyak 50% berasal dari lemak. Lemak merupakan komponen ASI yang sangat bervariasi dan dapat berubah tergantung asupan ibu, irama sirkardian, tingkat laktasi, antar payudara, paritas, umur, dan antar individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kadar lemak dalam ASI dan pola menyusui dengan pertumbuhan bayi ASI eksklusif usia satu bulan. Penelitian potong lintang dilakukan di RSIA Budi Kemuliaan pada bulan September– November 2014. Sampling dilakukan secara consecutive. Kriteria inklusi adalah bayi aterm, berat lahir 2500 –4000 g, sehat. Lemak ASI diperiksa dengan pemeriksaan creamatocrit. Terdapat 50 ibu dan bayi yang masuk dalam penelitian. Bayi usia satu bulan memiliki pertumbuhan yang baik dengan indikator pertumbuhan untuk Z-scores BB/PB, BB/U PB/U dan LK/U sebagian besar berada pada kategori ≥-2 SD s/d ≤2 SD. Pola menyusui subjek tergolong baik dengan frekuensi menyusui 12 kali per hari (84%) dan durasi menyusui

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Arti Indira - Nama Orang
Diana Sunardi - Nama Orang
Hartono Gunardi - Nama Orang

No. Panggil
T15110FK
Penerbit
Jakarta : S2 PROGRAM STUDI ILMU GIZI.,
Deskripsi Fisik
xvi, 102 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15110FKT15110FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kadar Lemak dalam ASI dan Pola Menyusui, serta Korelasinya dengan Pertumbuhan Bayi Usia 1 Bulan di RSIA Budi Kemuliaan = Breastmilk Lipid and Breastfeeding Patterns, a Correlation with Growth of One Month Old Infants at RSIA Budi Kemuliaan.

Related Collection